fbpx

Qurban & Akikah

Rp0

Rp500.000

0%

Bagikan Ke Facebook, Twitter, atau Google Plus Setara Donasi Rp 1.000.000. Faktanya 70% pendonor berasal dari link yang Anda sebar di media sosial. Ayo sebarkan, agar mencapai targetnya.

Informasi

Program 500 Akikah Untuk Anak Yatim & Dhuafa
L a t a r B e l a k a n g
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberi rahmat-Nya sehingga kita masih dapat merasakan nikmat karunia yang begitu besar kepada kita. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Diriwayatkan dari Abu Darda’ ra bahwa seorang laki-laki telah datang kepada Rasulullah saw
mengadukan hatinya yang keras, maka beliau saw bersabda, “Apakah kamu suka jika hatimu
menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Sayangilah anak yatim, usaplah
kepalanya, dan berilah ia makan dari makananmu niscaya hatimu menjadi lunak dan
kebutuhamu terpenuhi.”
HR. Ath-Thabrani (Lihat Al-Matjar Ar-Rabih oleh Al-Hafizh Ad-Dimyathi No.1509)
“Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya.” (QS. Al Baqarah:215)
Seputar hal Akikah
‘Aqiqah merupakan salah satu hal yang disyariatkan dalam agama islam. Dalil-dalil yang menyatakan hal ini, di antaranya, adalah Hadits Rasulullah saw, “Setiap anak tertuntut dengan ‘Aqiqah-nya’. Ada Hadits lain yang menyatakan, “Anak laki-laki (‘Aqiqah-nya dengan 2 kambing) sedang anak perempuan (‘Aqiqah-nya) dengan 1 ekor kambing’. Status hukum ‘Aqiqah adalah sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan).
Rasulullah s.a.w. bersabda: “Setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ketujuh (daripada hari kelahirannya), dicukur dan diberi nama.” (Riwayat Abu Dawud, al-Turmuzi dan Ibnu Majah)
Waktu utama aqiqah adalah hari ke-7 kelahiran, kemudian hari ke-14 kelahiran, kemudian hari ke21 kelahiran, kemudian setelah itu terserah tanpa melihat hari kelipatan tujuh. Pelaksanaan akikah sebelum atau setelah waktu tadi sebenarnya diperbolehkan. Karena yg penting adalah aqiqahnya dilaksanakan.
Pelaksanaan Akikah mengandung hikmah dan pelajaran yang sangat mulia, karena mengadakan akikah juga merupakan cerminan rasa suka cita dan bahagia serta wujud kasih sayang dan doa orang tua atas kelahiran seorang anak agar menjadi anak yang sholeh atau sholehah. Sabda Nabi SAW :
“Barangsiapa yang dikaruniai seorang anak, lalu ia menyukai hendak membaktikannya (mengakikahinya), maka hendaklah ia melakukannya.”
Kenapa kita perlu mengakikahkan anak yatim atau dhuafa?
Salah satu rahmat Islam adalah kepada anak-anak yatim, yang sangat memerlukan perhatian dan bantuan masyarakat, khususnya mereka yang kondisi perekonomiannya kurang baik. Mereka sangat memerlukan asuhan dan didikan serta kasih sayang yang cukup seperti anak-anak yang lain karena mereka kehilangan ibu bapak sebelum mencapai umur baligh. Dengan kondisi seperti itulah maka hampir semua ana-anak yatim tersebut tidak mampu menjalankan salah satu ibadah yang bernilai sunah dihadapan Allah Swt yakni berAkikah. Sepatutnya untuk membantu anak yatim dhuafa tidak hanya dari aspek materil saja tetapi juga dari aspek hak ruhiyah, salah satunya adalah akikah. Sebab akikah adalah hak anak terhadap orang tua atau sunnah muakkad bagi orang tua untuk menunaikan akikah bagi anaknya bila mampu. Dan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang anak yatim dikala orang tuanya telah tiada ada yang mengulurkan tangan mengakikahkan dirinya.
Seorang anak yang sudah berakikah akan memperoleh hak syafaat dari Allah SWT untuk memohonkan ampunanNya bagi kedua orang tuanya diakherat kelak. Dan selama dia belum berakikah, maka si anak tersebut masih tergadaikan. Akikah juga menghindarkan mereka dari gangguan syaitan pada saat kelahirannya sehingga akan menghantarkan mereka menjadi anakanak yang cerdas dan dekat kepada Allah SWT.
Mengigat pentingnya akikah sebagai salah satu penanaman nilai ruhiah sejak dini pada diri anak, dan tidak semua orang tua mampu untuk mengakikahkan putra-putrinya terlebih lagi bagi anak – anak yang memiliki kondisi orang tua yang mengalami kekurangan dan lebih khusus lagi yang telah ditinggal oleh orang tua mereka. Untuk itulah Melihat kondisi tersebut maka kami Divisi Akikah dan Qurban sebagai salah satu Lembaga dibawah naungan Jamiyah Tahfidz Quran bermaksud memfasilitasi kepada perusahaan untuk mendukung program “ 500 Akikah untuk Anak Dhuafa & Yatim”.
Mudah-mudahan, melalui alokasi dana infak atau bantuan buat membantu anak-anak yatim dhuafa menunaikan akikahnya dengan ikhlas, Insya Allah akan membuka pintu kebahagiaan mereka baik di dunia maupun diakherat kelak dikala berkumpul kembali dengan kedua orang tuanya dalam ridho Allah SWT.

N a m a P r o g r a m
Program kegiatan ini dinamakan “ 500 Akikah Untuk Anak Yatim”
T e m a K e g i a t a n
Kegiatan ini bertemakan :
“ Akikah Bekal Ruhiah Bagi Seorang Anak untuk Membentuk Generasi Berkepribadian Luhur “
T u j u a n
Tujuan dari pelaksanaan program ini adalah :
1. Membantu keluarga dhuafa dalam pelaksanaan akikah khususnya keluarga yatim
2. Menanamkan nilai ruhiah kepada anak yatim & dhuafa
3. Mempererat hubungan silaturahmi diantara keluarga
O u t P u t P r o g r a m
Diharapkan dari pelaksanaan program 500 Akikah untuk anak Dhuafa & Yatim ini dapat dihasilkan manfaat yaitu :
1. Membantu terpenuhinya hak anak yatim untuk menunaikan abadah akikah.
2. Mensyi’arkan pelaksnaan akikah kepada masyarakat
S a s a r a n K e g i a t a n
a. Wilayah
Wilayah yang dijadikan tempat pelaksanaan program secara khusus jika memungkinkan
ketersediaan stok ternak dan kondisi masyarakat maka wilayah yang menjadi target utama
dalam program ini adalah sesuai dengan permintaan para donatur, baik berupa Panti
Asuhan,Pondok Pesantren Tahfidz , Yayasan, maupun masyarakat umum. Selain wilayah berdasarkan permintaan donatur, kami pun telah menyiapkan lokasi penyebaran di wilayah
pemberdayaan yang termasuk kedalam daerah kurang mampu.

b. Target Pemetik Manfaat
Target pemetik manfaat dari program “ 500 Akikah untuk Anak Yatim” adalah para
anak anak dhuafa & yatim baik laki – laki maupun wanita yang berusia 1 tahun hingga 12 tahun yang belum di akikahkan oleh orang tuanya dan dari kalangan dhuafa.
P e l a k s a n a a n
1. Tahap Persiapan Program
Sosialisasi.
Sosialisasi akan dilakukan olehDivisi Aqiqah & Qurban JTQ kepada masyarakat maupun lembaga yang bergerak dalam penyantunan anak yatim. Sosialisasi ini dilaksanakan mengenalkan program kepada masyarakat yang meliputi gambaran program, lembaga pelaksana, sumber pendanaan, dan pelaksanaan program.
Pendataan Sasaran Anak Yatim & Dhuafa
Anak yatim dhuafa yang akan di akikah adalah yang berdekatan dengan lokasi sasaran pelaksanaan kegiatan melalui kerjasama dengan yayasan, panti asuhan atau lembaga maupun kelompok yang terlibat langsung dalam penanganan anak yatim di daerah tersebut.
1. Tahap implementasi
2. Pengadaan Ternak
livestock menjamin pengadaan ternak akikah dengan jenis domba atau kambing, tidak cacat, sehat, kisaran berat + 25 kg (sesuai potensi ternak lokal setempat).

2.b. Penentuan Lokasi Pelaksanaan
Penentuan lokasi pelaksanaan berdasarkan posisi strategis untuk dilakukan mengundang anak yang akan diakikah, prosesi pemotongan ternak, dan distribusi daging akikah. Sehingga lokasi tersebut haruslah lokasi yang lapang/luas, mudah dijangkau oleh sarana angkutan, dan jika memungkinkan dekat dengan lokasi peakikah (anak yatim yang akan diakikahkan) atau para donator berada.
2.c. Undangan shohibul Akikah (Peakikah)
Pemotongan hewan akikah diharuskan dihadiri oleh anak yang diakikahkan beserta walinya sehingga mereka para peakikah (anak yatim) akan merasakan nilai ruhiah dari pelaksanaan akikah tersebut. Sehingga mereka akan diundang sesuai dengan waktu dan tempat rencana pelaksanaan akikah.
2.d. Pemotongan
Pemotongan hewan dilakukan secara massal dalam satu waktu jika memungkinkan dalam satu tempat, atau akan dilakukan di beberapa tempat, tetapi untuk pemotongan akan dilakukan dalam satu hari. Hal ini untuk memudahkan teknis pelaksanaan.
2.e. Distribusi Daging Hewan Akikah
Daging akikah akan didisribusikan dengan prioritas sebagai berikut :
1. Peakikah dan wali atau keluarganya 2. Masyarakat sekitar yang tergolong kalangan dhuafa 3. Masyarakat umum 4. Lembaga/Yayasan penyantun anak yatim
2.f. Laporan Program
Laporan dari pelaksanaan program ini akan diberikan kapada donatur paling lambat
dua minggu setelah pelaksanaan berupa dokumentasi acara yang terdiri dari :
Dokumentasi ternak
Dokumentasi shohibul akikah (penerima akikah anak yatim dan keluarga)
Dokumentasi distribusi daging akikah
Sertifikat
P e l a k s a n a K e g i a t a n
Pelaksana dari kegaiatan 500 Akikah untuk anak Yatim dan Dhuafa ini adalah Divisi Aqiqah & Qurban Jamiyah Tahfidz Quran

A n g g a r a n
Anggaran yang diperlukan untuk pelaksanaan program “ 500 ekor Akikah Anak Yatim & Dhuafa” berupa pembelian ternak domba/kambing berikut biaya pemotongan, distribusi daging, cinderamata bagi anak yatim, dan laporan kepada donatur sebesar Rp. 1.675.000, (Satu juta enam ratus tujuh puluh lima ribu rupiah)

Cara Mengikuti Program :
Langsung datang ke kantor Divisi Aqiqah Qurban Jamiyah Tahfidz quran
Setoran dititipkan kepada Relawan Divisi Aqiqah Qurban Jamiyah Tahfidz Quran
Transfer ke Rekening

BRI No Rek. 0090.01.020741.53.2

BNI No Rek 77777.0781 a/n Jamiyah Tahfidz Quran

P e n u t u p
Hanya kepada Allah jualah kami berharap dan berserah diri, semoga kegiatan yang kami rencanakan ini dapat memberikan nilai tambah kepada pihak – pihak yang terlibat dan memberikan manfaat kepada masyarakat pada umumnya. Dan Semoga Allah meridhoi program ini, Amiin.

Donatur (0)

Qurban & Akikah

NamaWaktuDonasi

LAZISWAF adalah Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf dibawah pengawasan Jamiyah Tahfidz Quran yang dikelola oleh Alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir  mendakwahkan Al Quran sebagai solusi dan inspirasi untuk negeri.

Jl Sucipto Rt 04 Rw 04 Lk Parse Dawuhan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Jawa Timur Indonesia 68311
  • Kami tersedia untuk melayani Anda
    Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB

  • Kirim kami email. Kami akan berusaha membalas secepatnya.


TAUTAN